Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan VPN di Android



Kelebihan dan Kekurangan VPN, masloke.com ~ Seperti yang kita ketahui aplikasi VPN sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan profesi atau anak-anak hingga dewasa.


Banyak berbagai jenis aplikasi VPN yang bisa kamu download di Google Play Store.


Aplikasi VPN dapat kamu gunakan hanya dengan bermodalkan kuota.


Selain itu, kamu juga bisa bebas memilih alamat IP dari negara lain.


Sebelum kamu menggunakan aplikasi VPN, alangkah baiknya kamu pahami dulu Kelebihan dan Kekurangan menggunakan VPN di Android.


Supaya kamu tidak menyesal ketika sudah menggunakannya. Berikut Kelebihan dan Kekurangan menggunakan VPN di Android:


Baca Juga: 5 Aplikasi Pembersih Sampah Android Terbaik dan Paling Ampuh

  • Kelebihan menggunakan VPN di Android



1. Bisa Bebas Memilih IP Address Dari Negara Manapun


Kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi VPN di Android adalah bebas memilih alamat IP negara lain. Bahkan negara elit sekelas Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kebanyakan pengguna Indonesia lebih memilih alamat IP dari negara Singapura. Selain karena jaraknya yang dekat, juga speed koneksinya terbilang ngebut banget.


2. Tidak Ada Lagi Network Filter


Pemerintah bersama Kominfo sedang gencar-gencarnya memburu situs terlarang yang tidak baik untuk diakses. Mulai dari situs dewasa, download film, dan lainnya satu per satu diblokir. Bekerjasama dengan provider yang ada di Indonesia, situs terlarang tidak akan bisa diakses dengan diarahkan ke Internet Positive.

Tapi ternyata tidak selama situs terlarang saja yang diblokir oleh pemerintah dan Kominfo. Bahkan ada beberapa situs bermanfaat bagi sebagian orang justru ikut diblokir. Tetapi jangan khawatir, dengan aplikasi VPN situs-situs terblokir tersebut bisa diakses kembali dengan mudah.


3. Bisa Digunakan Secara Gratis


Seperti yang sudah kita bahas di atas, kebanyakan aplikasi VPN di android bisa digunakan secara gratis. Tetapi, ada pula beberapa aplikasi yang meyediakan IP Address berbayar untuk koneksi yang lebih cepat dan aman anti filter. Meskipun demikian, versi gratis dari aplikasi VPN sudah cukup untuk mendapatkan banyak hal yang kamu ingingkan.


4. Koneksi Lebih Aman, Cepat dan Anti Tracking


Ketiga hal ini nampaknya cukup susah untuk didapatkan jika kita masih menggunakan server Indonesia saat internetan di HP. Karena itu, perlu bantuan VPN supaya kamu bisa mencoba beralih ke IP Address dari negara lain. Server Singapura misalnya, selain koneksi yang sangat cepat, kamu juga bisa merasakan sensasi internetan dengan aman dan tanpa tracking.


5. Mudah Dalam Penggunaannya


Banyak sekali pilihan aplikasi VPN gratis di android yang bisa kamu install. Dan biasanya juga, kebanyakan aplikasi VPN tersebut cukup instan dalam penggunaannya. Cukup satu atau dua kali klik VPN sudah aktif digunakan di android.


Baca juga: 10 Aplikasi Pengunci Layar Terbaik di Android


  • Kekurangan menggunakan VPN di Android



1. Bersifat Ilegal


Aksi pemerintah untuk memblokir semua situs terlarang di internet berjalan cukup efektif hingga sekarang ini. Tapi tampaknya hal tersebut kurang mendapatkan sambutan yang positif dari segelintir pengguna. Karena mereka menggunakan aplikasi VPN supaya dapat mengaksesnya. Tentunya tindakan seperti ini bersifat ilegal karena sudah melanggar peraturan.


2. Bisa Menjadi Jalan Malware Untuk Menyusup ke Smartphone Kalian


Pada beberapa kasus, aplikasi VPN android ternyata ada yang sudah disusupi malware alias virus oleh pembuatnya. Entah dengan tujuan apa, yang pasti malware bisa memberikan kerugian tersendiri bagi setiap pengguna. Selain itu, beberapa situs dewasa juga sering menyimpan malware. Ketika diakses oleh smartphone, maka tidak menutup kemungkinan malware tersebut akan menyerang smarthphone kamu.


3. Alat Ampuh Bagi Hacker


Kecanggihan yang dimiliki aplikasi VPN, ternyata bisa menjadi ancaman bagi kita semua. Peretas atau sebutan populernya hacker, sering memanfaatkan VPN untuk melancarkan aksinya. Bisa dengan jalan menyusupkan malware seperti tadi atau dengan cara picik lainnya.


4. Koneksi Yang Terkadang Sering Putus


Meskipun beberapa server dari negara lain cukup cepat untuk masalah koneksi, tapi hal tersebut juga punya kelemahan. Beberapa negara yang lokasinya agak jauh dari Indonesia atau IP address yang disediakan secara gratis oleh aplikasi, biasanya sering terjadi koneksi putus saat digunakan. Yang demikian ini tentu sangat meresahkan bagi banyak pengguna. Bayangkan saja, saat enak-enak mengakses internet tiba-tiba koneksi terputus atau hilang. Paling tidak enak lagi saat kita sedang main game online multiplayer, bisa disangka kita melakukan AFK dengan sengaja.


5. Bisa Diakses Oleh Semua Umur


Inilah kerugian yang paling berbahaya harus diwaspadai oleh para orang tua. Aplikasi VPN bisa memberikan dampak negatif terhadap anak-anak. Bayangkan saja jika anak-anak yang masih di bawah umur mengakses situs yang seharusnya tidak mereka akses. Tugas yang berat bagi orangtua untuk mengontrol kegiatan anak-anak dalam menggunakan HP.

Baca juga: 10 Aplikasi Untuk Membuat Logo Terbaik dan Terbaru di Android

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan menggunakan VPN di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel